BeritaDosen

Pengabdian Masyarakat Prodi KPI: Menjadi Kreatif di Era New Normal; Pelatihan Fotografi bagi Milenial

Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta kembali menghelat Pengabdian Masyarakat Berbasis Penguatan Terhadap Dampak Covid 19. Pada kesempatan kali ini tema yang diangkat adalah “Menjadi Kreatif di Era New Normal: Pelatihan Fotografi bagi Milenial”

Joni Rusdiana, M.I. Kom dan Mei Candra Mahardika, M.A didapuk sebagai narasumber pada acara ini. Selain itu sejumlah mahasiswa KPI juga dilibatkan pada sesi praktik. Acara yang bertempat di Kartasura (20/6/2020) dihadiri 10 peserta yang sebagian besar adalah anak-anak muda atau generasi milenial. Pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa KPI (M. Afan Jafar) sebagai MC.

Mei Candra Mahardika, M.A menjelaskan dasar-dasar fotografi kepada para peserta di sesi  pertama. Hal-hal medasar dalam fotografi menjadi aspek penting untuk mendapatkan foto yang berkualitas. Ia menyebut pencahayaan dan komposisi sebagai hal yang wajib dipahami ketika terjun ke dunia fotografi.

Bagaimana dengan kamera? Baginya, smartphone yang dimiliki anak muda saat ini sudah bisa menghasilkan gambar yang cukup bagus asalkan penggunanya memahami teknik dasar fotografi. Hanya saja, inti dari fotografi, menurutnya, adalah praktik dan bukan sebatas teori belaka.

Sementara itu, Joni Rusdiana, M.I. Kom mengupas seluk beluk fotografi dengan menyodorkan contoh-contoh hasil jepretan untuk didiskusikan dengan para peserta. Diskusi kemudian berlanjut mengenai foto produk. Menurutnya, foto produk yang keren mampu menunjang penjualan secara online. Foto yang bagus memiliki magnet untuk menarik pembeli. Hari ini, para pengelola online shop sudah semakin sadar pentingnya meningkatkan kualitas foto produk. Misalnya dengan membuat “studio foto” sederhana.

“Fotografi sebetulnya juga terkait branding. Sehingga konsep foto harus dipikir matang-matang, soal komposisi warna misalnya. Tidak boleh asal jepret,” papar Joni.

Di akhir acara ia mengajak peserta untuk praktik memotret sebuah objek di kursi masing-masing. Pada sesi ini ia dibantu sejumlah mahasiswa KPI. Praktik selanjutnya adalah memotret model dengan memanfaatkan lokasi yang ada.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta semakin meningkat skill fotografinya. Skill fotografi tentu berguna di masa pandemi seperti sekarang, misalnya untuk menguatkan ekonomi dengan berjualan secara daring atau membuka jasa fotografi. (AZZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *