BeritaDosen

Ketua Program Studi KPI IAIN Surakarta Ikuti FGD Penyusunan Renstra Lembaga, Unit dan Prodi

Tawangmangu (10/9/20) “Budaya organisasi yang kuat mendukung tujuan-tujuan perusahaan, sebaliknya budaya organisasi yang lemah atau bertentangan dengan tujuan perusahaan akan menghambat perusahaan.” Demikian penyataan Prof. Taufik, S.Psi., M.Si., Ph.D (Universitas Muhamadiyah Surakarta) dalam materi yang disampaikan  dalam FGD Penyusunan Renstra Lembaga, Unit dan Prodi yang di Hotel Indah Palace Tawangmangu. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor 1 IAIN Surakarta Dr Imam Makruf, M.Pd

Lebih lanjut, Prof. Taufik, S.Psi., M.Si., menyatakan bahwa budaya organisasi merupakan “apa yang dirasakan, apa yang diyakini, dan apa yang dijalani” oleh sebuah organisasi. Dalam satu kampus, berbeda prodi berbeda pula budayanya. Begitu pula dengan cascading. Dalam manajemen lembaga cascading juga diartikan “menurun secara bertahap” bukan terjun sekaligus, tetapi  “menurun” yang direncanakan, dikendalikan, dimonitor dan diukur.

Pemateri kedua Prof. Dr. Anton Setiawan, SE,M.SI. (UMS) dalam makalahnya menyatakan Perencanaan strategis yang efektif adalah membangun sebuah kerangka kerja untuk menyusun pengambilan keputusan tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya organisasi, menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Dalam konteks lembaga perguruan tinggi, maka visi lembaga adalah visi organisasi, sedangkan visi program studi adalah visi keilmuan (scientific vision). Pernyataan lanjut pemateri tentang visi IAIN Surakarta sebagai World Class University, apa yang akan dikembangkan di level internasional? Sebagai pusat rujukan kajian Islam? Ranking internasional yang meningkat? (Lembaga perangkingan apa yang dipilih?) Jumlah dosen yang studi di luar negeri? Jumlah mahasiswa yang mempunyai international experience? Jumlah kerjasama internasional?

Acara yang dilaksanakan oleh LPM ini berlangsung dari hari Kamis  (10/9) sampai Sabtu (12/9) ini dihadiri oleh 60 peserta terdiri dari Dekan, Ketua lembaga, Kepala Unit dan Ketua Prodi di lingkungan IAIN Surakarta.

“Dengan mengikuti acara ini menjadi masukan dalam penyusunan Scientic Vision atau kekhasan prodi KPI IAIN Surakarta dengan prodi sejenis di lingkungan PTKIN,” ungkap Agus Sriyanto, M.Si. (A.Sri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *