BeritaHMPSMahasiswa

HMPS KPI Gelar Workshop Sinematografi

Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Surakarta menyelenggarakan workshop sinematografi dengan tema “Bercerita dalam Bingkai Visual” sebagai pembukaan KPI’S Day 5. Dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 September 2020 untuk memperingati hari jadi Program Studi KPI. Panitia menghadirkan dua narasumber yaitu Ratmurti Mardika S. Sos merupakan vice audio visual dan Fermansyah Rahmad Fatoni S. Sos merupakan videographer dan redring creative 2017.

Acara workshop dilaksanakan secara virtual melalui  Zoom Meeting dimulai pukul 18.30 WIB. Acara dibuka oleh MC Anisa Pratiwi  (HMPS KPI 2019). Kemudian sambutan dari Anis Amelia selaku ketua panitia Kpi’s Day 5. Kemudian sambutan dari M. Iqbal Kusuma selaku Ketua Umum HMPS KPI, dan sambutan selanjutnya oleh Dr. Hj. Kamila Adnani M.Si selaku Wakil Dekan I mewakili Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Dilanjutkan dengan  acara inti, yaitu Workshop Sinematografi  dengan dipandu oleh Amirul Mujahid Habibulloh sebagai moderator yang memimpin acara workshop tersebut.

Sebagai narasumber pertama Ratmurti Mardika S.Sos menjelaskan mengenai film dokumenter pendek yang bercerita tentang realita dengan mengambil perspektif terpenting dengan kondisi minim rekayasa. Film pendek adalah konten yang  meraih engagement yang tinggi didunia digital, relatif mudah diproduksi meskipun dari tim kecil, serta banyak dukungan dan channel.

Guna meningkatkan kualitas produksi film dokumenter selain mempunyai daya kreatif, faktor dukungan  juga perlu dioptimalkan, aset intelektual dan kearifan lokal, dan isu-isu perkembangan zaman juga perlu ditambahkan untuk menghibur, mengedukasi, menyampaikan sikap, inspirasi serta eksistensi.

Kunci pembuatan film dokumenter yang menarik adalah audio visual story telling dari sisi kreatif dan teknis. Ciptakan ide dan tulis dengan benar, rencanakan produksi, shooting, editing, perkiraan waktu.

Kemudian Fermansyah Rachmat Fathoni S.Sos sebagai narasumber kedua menyampaikan tahap produksi film mulai dari pra produksi: riset, penulisan naskah, perencanaan produksi.  Produksi: pendekatan, shooting, editing, distribusi, eksebisi. Film: konten digital, distribusi digital platform digital, festival film.

Ide cerita dapat ditemukan dimanapun. Sutradara mempunyai pengetahuan tentang serpihan semua hal, suka nonton fim untuk mendapatkan ide yang imajinatif, sering berdiskusi. Selain itu Fermansyah juga menceritakan pengalamannya di dunia perfilman.

Usai penyampaian materi oleh narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak peserta workshop yang sangat antusias untuk bertanya dengan jumlah pendaftar kurang lebih 250 peserta, yang berasal dari berbagai instansi mulai dari  ISI Surakarta, Universitas Negeri Surakarta, STIMIK Widuri dll. Perserta juga berasal dari pelajar, mahasiswa, freelencer videografer  dan lain sebagainya. Semua pertanyaan dibahas tuntas oleh kedua narasumber. Kegiatan workshop sinematografi ditutup pukul 22.00 WIB.  (maya/hmpskpi20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *