AlumniBeritaDosenHMPSMahasiswa

Prodi KPI Selenggarakan FGD Bersama Stakeholder dan Alumni

Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FUD IAIN Surakarta melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bersama para stakeholder dan alumni dalam rangka penyusunan scientific vision. Kegiatan ini dilakukan secara online pada Rabu (14/10) melalui meeting zoom platform.

Mengundang sejumlah stakeholder, acara FGD berjalan dengan lancar. Stakeholderyang turut berpartisipasi berasal dari para user (pengguna alumni), yakni sejumlah media (Solopos dan Radar Solo), praktisi Public Relations (PR), praktisi broadcasting (Artofact), praktisi dakwah (FKUB Sukoharjo).Selain itu, Ketua LP2M, perwakilan dari asosiasi profesi (Askopis dan ISKI),mahasiswa, serta beberapa alumni (Setda Kabupaten Klaten dan Solo Bersimfoni) juga turut didatangkan dalam kegiatan FGD.

“Maksud dan tujuan FGD ini adalah untuk menentukan kekhasan Prodi KPI, distingsi dari Prodi KPI agar berbeda dengan Prodi KPI di kampus lainnya. Hal ini juga didukung dari keberadaan konsentrasi di Prodi KPI yang telah ada, yaitu Jurnalistik, Broadcasting, dan PR,” terang Ketua Prodi (Kaprodi) KPI, Agus Sriyanto, M.Si., dalam sambutannya.

Menggapi sambutan dari Kaprodi KPI, Wakil Dekan 1 FUD turut menyatakan pemaparannya mengenai distingsi Prodi KPI. Menurutnya, distingsi Prodi pada dasarnya dapat dilihat dari rangkuman tentang kurikulum serta riset yang dilakukan, baik oleh dosen maupun mahasiswa. Dengan demikian, perlu adanya kejelasan melalui roadmap penelitian dan pengabdian yang disusun dan dioperasionalkan.

“Ada sekitar 150-an keberadaan KPI di seluruh kampus di Indonesia dan berpotensi memunculkan rivalitas. Hal ini turut mempengaruhi tren media dan pasar user yang ada sehingga perlu adanya pembeda yang jelas,” terang Wakil Dekan 1 FUD yang juga merupakan Sekretaris dari asosiasi profesi Askopis, Dr. Hj. Kamila Adnani, M.Si.

Meninjau lebih jauh dari segi riset, Prodi KPI diharuskan mampu mengawal riset dan pengabdian yang dilakukan. Terutama mengenai IAIN Surakarta yang berada di bawah Kementerian Agama, perlu adanya distingsi yang jelas dari riset dan pengabdian yang dilakukan Prodi KPI, diharapkan memuat unsur dakwah Islam, bidang kajian ilmu komunikasi dan penyiaran, serta kearifan lokal.

“Harusnya alumni KPI mampu membangun masyarakat, membangun kerukunan, bagaumana menanamkan pandangan moderat. Hal ini karena adanya realitasyang mana kita harus mampu menghadapi perbedaan. Harusnya penanaman tentang ini (moderasi beragama) dan kearifan lokal bisa terus dikembangkan dan diinternalisasi lagi,” papar Dr. Zainul Abas, M.Ag., Ketua LP2M IAIN Surakarta sekaligus Ketua dari FKUB Sukoharjo.

Kegiatan FGD dinilai mendapatkan apresiasi baik dari para stakeholder. Banyak aspirasi dan masukan yang berhasil ditampung dalam kegiatan FGD. Terkait dengan penyusunan scientific vision Prodi KPI ini, masukan dari para stakeholder, terutama user, adalah mengenai pentingnya pengetahuan dan kemampuan berbasis digital (melek media) bagi dosen dan mahasiswa. Hal ini disebabkan karena perkembangan zaman yang mengharuskan media berubah, berkonvergensi, bahkan ber-crossvergence bersama media dan teknologi.

Sejumlah masukan dari para alumni dan mahasiswa turut menjadi perhatian dalam proses FGD. Bagaimana membudayakan literasi bagi mahasiswa dirasa menjadi hal penting untuk memajukan Prodi KPI ke depannya.

Adapun yang hadir dalam acara FGD tersebut adalah:

  1. Dr. Islah (Dekan FUD)
  2. Dr. Hj. Kamila Adnani (Askopis)
  3. Dr. Zainul Abas (LP2M/FKUB Sukoharjo)
  4. Agus Sriyanto, M.Si (Kaprodi KPI/tim riset)
  5. Abraham Zakky Zulhazmi, MA. Hum (Sekrpodi KPI/tim riset)
  6. Rhesa Zuhriya B.P, M.I.Kom (Dosen KPI/tim riset)
  7. Joni Rusdiana, M.I.Kom (Dosen KPI/tim riset)
  8. Mei Candra Mahardika, M.A (Dosen KPI/tim riset)
  9. Dewi Ayu Sri Hastuti (Alumni/Humas Pemkab Klaten)
  10. Burhanudin Fajri (Alumni/Solo Bersimfoni)
  11. Ragil Listyoningsih (Alumni/Radar Solo)
  12. M. Iqbal Kusuma (Mahasiswa/Ketua HMPS KPI)
  13. Ichwan Prasetyo (Solopos/user)
  14. Damar Sri Prakoso, S.S. (Solopos/user)
  15. Muhammad Iqbal, S.Sos. (Praktisi PR dan WO)
  16. Mohammad Qoyim, S.Sos., M.Si. (Perhumas Solo/Praktisi PR)
  17. Ratmurti Mardika, S.Sos. (Artofac/user)
  18. Syifaul Arifin, M.Si (ISKI Jateng)

(RHS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *