BeritaHMPS

HMPS KPI Adakan Diskusi Bertajuk “How to be a Professional Journalist”

Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar Diskusi Konsentrasi Jurnalistik dengan tema “How to be a Professional Journalist” kegiatan ini ditangani oleh bidang Pengembangan Potensi Sumber Daya Mahasiswa (PPSDM) dan bidang Dakwah, Rabu (18/11) .

Diskusi Konsentrasi Jurnalistik dilaksanakan via grup WhatsApp. Diskusi tersebut dimulai oleh Wafi Qurrotul Aini selaku master of ceremony. Diskusi selanjutnya dipimpin oleh Ayu Fitri Yuliani selaku moderator. Dalam Diskusi Konsentrasi Jurnalistik hadir dua pembicara, pembicara pertama adalah dosen sekaligus sekertaris Prodi KPI IAIN Surakarta yaitu Abraham Zakky Zulhazmi M.A.Hum dan Mahfira Putri Maulani, S.Sos (Wartawan Tribun Jateng).

Abraham Zakky selaku pembicara pertama menyampaikan, “Beruntunglah mereka yang gemar membaca dan menulis. Idealnya, mau di konsentrasi apapun, milikilah skill menulis. Hal-hal menyenangkan dan penuh tantangan semuanya ada. Suka dan duka lengkap di dunia jurnalis.” Ia lebih menjelaskan mengenai apa itu jurnalistik secara teori.

Sedangkan Mahfira Putri Maulani selaku pembicara kedua menjelaskan aplikasi teori dan praktek, ia mengatakan “menjadi jurnalis Haruslah tekun, humble, banyak baca buku atau baca karya orang lain (referensi) itu penting. Tidak perlu minder dari mana asal kampusmu. Karena dalam dunia kerja skill-mu yang dipertanyakan. Selagi masih muda mari perbanyak karya.”

Penyampaian materi oleh dua pembicara telah usai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta diskusi sangat antusias untuk bertanya mengenai bagaimana mempelajari jurnalistik, baik teori dan praktek. Semua dikupas tuntas dalam Diskusi Konsentrasi Jurnalistik oleh para pembicara.

Sebelum diskusi ditutup, moderator membacakan kesimpulan diskusi Konsentrasi Jurnalistik. Harapannya, semoga diskusi Konsentrasi Jurnalistik bisa bermanfaat untuk kita semua. (MC/kominfo hmpskpi20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *