BeritaMahasiswa

Prodi KPI Kembali Gelar Wedangan Virtual

Diskusi hangat di malam yang dingin antara prodi dengan mahasiswa KPI angkatan 2019 kembali digelar (18/12/20). Kegiatan itu merupakan sarasehan jilid kedua jelang pemilihan konsentrasi oleh mahasiswa KPI angkatan 2019. Dikarenakan keterbatasan, sarasehan pertama dihadiri 100 mahasiswa via Google Meet. Sarasehan kedua dihadiri 30 mahasiswa.

Kegiatan yang berlangsung serius tapi santai itu dimulai pukul 19.00 hingga 21.00. Sebagaimana sarasehan sebelumnya, diskusi berjalan dengan banyak pertanyaan yang diajukan dan dijawab oleh Agus Sriyanto (Kaprodi KPI) dan Abraham Zakky Zulhazmi (Sekrpodi KPI).

Salah seorang mahasiwa misalnya bertanya: luas mana peluang kerja antara konsentrasi public relations dan jurnalis? Kaprodi KPI, Agus Sriyanto, menjawab sebetulnya sama luasnya. Sebab ilmu komunikasi itu terus berkembang. Alumni-alumni KPI hari ini juga bekerja di banyak bidang dan instansi sesuai keilmuan masing-masing.

Lalu, ada pula mahasiswa KPI yang bertanya apakah seorang alumni KPI IAIN Surakarta bisa menjadi PNS atau ASN? “Tentu saja bisa. Peluang itu terbuka lebar. Memang tergantung usaha dan doa masing-masing,” jawab Zakky, sekrprodi KPI. Ia menambahkan, untuk menjadi PNS/ASN seorang mahasiswa harus seimbang dalam meraih IPK tinggi dan skill mumpuni. Selain itu, ketika sudah lolos seleksi berkas, yang harus “ditaklukkan” adalah CAT sebelum tes-tes lain menjadi PNS.

Tren hari ini, sejumlah alumni KPI IAIN Surakarta melanjutkan studi ke jenjang magister. Beberapa mahasiswa menempuh studi di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Sebelas Maret (UNS). Harapannya mahasiswa-mahasiswa tersebut kelak menjadi dosen di manapun kampusnya.

Sama seperti sarasehan sebelumnya, terdapat pertanyaan di mana lokasi magang mahasiswa KPI. Agus Sriyanto menjelaskan, mahasiswa konsentrasi jurnalis bisa magang di media-media seperti Solopos, Radar Solo, Harian Jogja, Tribun Jateng dll. Sedang mahasiswa broadcasting magang di stasiun televisi dan radio seperti Metro TV, Solo Radio, Adi TV, Gesma FM dll. Adapun mahasiswa public relations magang di kantor-kantor pemerintahan, hotel, rumah sakit dan lembaga-lembaga lain yang memiliki bagian humas.

“Jika tidak ada pandemi, saya sudah mengajak mahasiswa outing class ke sejumlah tempat. Seperti ke Sidomuncul, Semarang TV dll. Bahkan ke Surabaya dan Malang. Tujuannya agar mahasiswa KPI mengenal “lapangan” dan melihat langsung dunia kerja.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *