Berita

Wedangan Virtual Prodi KPI: Sukses Skripsi, Sukses Studi

Prodi KPI IAIN Surakarta mengadakan wedangan virtual bersama mahasiswa KPI semester 12 dan 14. Kegiatan bertajuk “Sukses Skripsi, Sukses Studi” itu diadakan selama dua hari, yakni pada 1 Februari dan 3 Februari 2021 pukul 19.00-20.00 WIB via Google Meet. Agus Sriyanto (Kaprodi KPI) menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, dan Abraham Zakky Zulhazmi (Sekprodi KPI) moderatornya.

Sebagaimana wedangan, kegiatan berlangsung santai dan gayeng. Mahasiswa menceritakan keluh kesah dan suka dukanya menyelesaikan studi. Tak hanya satu dua mahasiswa yang memilih untuk curhat panjang. Prodi lantas memberi tanggapan dan solusi apabila mahasiswa menemukan kendala tertentu selama proses studi. Prodi juga memantau progres mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

Di antara kendala mahasiswa semester akhir adalah belum menemukan judul untuk skripsi mereka. Padahal sebetulnya di tengah pandemi seperti ini banyak tema menarik yang bisa dijadikan bahan penelitian. Sejumlah judul lantas ditawarkan dan bisa diambil oleh mahasiswa. Lebih-lebih kepada mahasiswa semester 14 yang masa studinya hanya tinggal empat bulan lagi. Kaprodi KPI memberikan motivasi kepada mahasiswa semester 14 agar bisa segera menyelesaikan studi dan memperhatikan syarat-syarat mengikuti ujian.

Kendala lain adalah sejumlah mahasiswa bekerja sambil kuliah, sehingga fokus terpecah. Kaprodi KPI menghimbau mahasiswa untuk bisa membagi waktu dengan baik, agar tidak menyesal dan kecewa nantinya. Jika abai dan lalai, tanpa terasa waktu terus berjalan dan tidak ada lagi kesempatan untuk menyelesaikan apa yang selama ini diperjuangkan.

Mahasiswa juga bercerita tentang sulitnya mengakses informan di masa pandemi. Terkait hal tersebut mahasiswa bersangkutkan dapat mendiskusikannya dengan pembimbing dan penguji. Sebab, pasti ada jalan untuk menyelesaikan skripsi asal ada tekad kuat dan kemauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *