BeritaMahasiswa

Mahasiswa KPI Selenggarakan Workshop Fotografi

Workshop Fotografi yang mengusung tema “Take Your Moment Save Your Story” dan bertempat di gedung C IAIN Surakarta diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Surakarta yang tergabung dalam Sekali Organizer, Kamis (27/5). Acara ini berlangsung secara virtual yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang tidak hanya berasal dari mahasiswa IAIN Surakarta saja, tetapi juga diikuti oleh berbagai mahasiswa dari Universitas lain diantaranya UGM, UNS, dan universitas lain. Acara workshop ini di selenggarakan untuk memenuhi Tugas Akhir dari mata kuliah Event Organizer yang diampu oleh Ibu Rhesa Zuhriya B.P., M.I.Kom. Acara ini diadakan guna untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki, khususnya dalam bidang fotografi bagi para peserta yang mengikutinya.

Acara workshop fotografi ini mengundang dua narasumber yang memiliki kemampuan khusus dalam bidang fotografi dan vidiografi, narasumber pertama yaitu Tri Widianto S.Sos. selaku Founder Komunitas Tanpa Nama yang bergerak di bidang fotografi.  Sedangkan narasumber kedua yaitu Fermansyah Achmad Fatoni S.Sos. sebagai salah satu anggota (freelance) Redring Creative yang bergerak di bidang fotografi dan vidiografi.

Terdapat dua sesi pada acara workshop ini, sesi pertama yaitu materi yang disampaikan oleh narasumber Tri Widianto yang membahas mengenai foto pernikahan (wedding). Pada sesi ini ia menjelaskan beberapa trik atau teknik-teknik dalam pengambilan foto pada acara pernikahan, di antaranya seperti mengatur moment saat mengambil foto pengantin, menentukan gaya foto yang bagus, mengatur pencahayaan kamera, serta memperhatikan lokasi pemotretan.

Sesi kedua dibawakan oleh narasumber Fermansyah yang membahas mengenai foto produk atau branding produk. Beliau menjelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan saat melakukan pemotretan produk di antaranya seperti mempersiapakan berbagai peralatan yang di perlukan saat berlangsungnya pemotretan, mengatur pencahayaan saat pemotretan serta melihat situasi dan kondisi tempat pemotretan.

Setelah kedua sesi tersebut selesai, pada tahap akhir event workshop ini, Taufik Hidayat selaku moderator memberikan penjelasan serta menginformasikan kepada para peserta workshop bahwasanya setelah event workshop ini selesai para peserta diminta untuk mengumpulkan foto hasil karya peserta yang  berkaitan dengan 3 tema yang ditentukan yakni, foto produk, profesi dan momen bahagia. Kemudian foto dikumpulkan kepada panitia melalui grup peserta workshop yang sudah disediakan, dari beberapa foto yang dikirimkan peserta akan dipilih 3 foto  terbaik kemudian dari 3 terbaik tersebut akan diberikan hadiah menarik, yakni uang ratusan ribu rupiah. Dari event workshop fotografi serta lomba foto ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi para mahasiswa untuk selalu berkarya melalui fotografi serta memberikan pelajaran bahwa dari sebuah hobi dapat beralih menjadi profesi yang menghasilkan. (Sekali Organizer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *