BeritaHMPSMahasiswa

KPI’s Day 2021 Dibuka dengan Talk Show Bersama Redaktur Solopos

Sukoharjo (25/08) – HMPS KPI UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan pembukaan KPI’s Day dengan Talk Show Z’talk bertema “Merangkai Kata, Menembus Media”. Sekretaris Prodi, Abraham Zakky Zulhazmi, turut hadir dalam acara talk show, memberi sambutan sekaligus membuka rangkaian acara KPI’s Day. Ia mengapresiasi HMPS KPI yang berhasil melakukan adaptasi, inovasi dan kolaborasi di tengah pandemi. Menurutnya, KPI’s Day 2021 menampilkan sejumlah terobosan di situasi yang tak mudah karena wabah Covid.

Talk show menghadirkan Ayu Prawitasari, narasumber berpengalaman, Dosen Bahasa Indonesia KPI UIN Raden Mas Said Surakarta sekaligus Redaktur Solopos. Talk show dimoderatori Fadilatun Nisa, mahasiswa KPI semester 3, yang membuat suasana talk show lebih menarik.

Acara dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting, dengan peserta 150 orang yang berasal dari berbagai program studi, bahkan dari kampus lain. Mereka sangat antusias dan memberikan respons positif karena banyak ilmu yang di dapat terutama dalam hal kepenulisan.

Di sesi pemaparan materi, Ayu menyampaikan sisi empiris dan teoritis dalam menulis. Empiris mengenai apa yang  ditangkap di lingkungan sekitar sehari-hari (realitas), sedangkan teoritis berkaitan dengan studi pustaka. Ia juga mengatakan “jangan menulis yang tidak kamu alami dan yang tidak disukai.”

Ayu menyampaikan bahwa dalam menulis jangan menggunakan teori saja. Menulislah sesuai dengan apa yang dipikirkan, karena kalau hanya menggunakan teori saja (kaku) pasti tidak akan menarik minat pembaca. Menurutnya, tulisan yang tidak dimuat media bukan karena tulisan jelek, tapi bisa jadi belum berjodoh dengan redaktur media yang dituju, alias kurang pas dengan ciri khas medianya. Tidak menutup kemungkinan ada media lain yang lebih sesuai dan bisa memuat tulisan tersebut. (Humas KPI’s Day)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *