BeritaMagang

Pengalaman Berkesan Magang di Kantor BPBD Kab Wonosobo

Pada bulan September 2021 mahasiswa KPI UIN RM Said Surakarta melaksanakan magang atau Praktik Pengalaman Lapangang (PPL) di kantor BPBD Kab Wonosobo. Magang dilaksanakan oleh Ngafif Ma’ruf yang merupakan mahasiswa KPI konsentrasi Public Relations. Magang dilakukan selama 2 bulan, terhitung magang dimulai tanggal 20 September hingga 20 November 2021.

Pada prakteknya dikantor BPBD Kab Wonosobo, mahasiswa public relations ditempatkan pada bagian sekretariatan. Dimana mahasiswa diberi tanggung jawab menjadi admin sosial media yaitu Instagram, serta  diberi tugas untuk memasukkan data bencana yang ada di Kab Wonosobo.

Selama 2 bulan berlangsung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut tidak hanya berada di dalam kantor saja, melainkan ikut terjun langsung menuju lokasi bencana-bencana yang terjadi di Kab Wonosobo. Dari bencana tanah longsor, pohon tumbang, angin puting beliung dan lainya. Serta banyak kegiatan lainya seperti menjadi panitia pelatihan gabungan relawan tanggap bencana antara kantor BPBD Kab Wonosobo dengan barbagai lembaga seperti Basarnas, kepolisian, dan juga koramil Kab Wonosobo.

“Suatu kebanggaan tersediri bisa diberi kesempatan magang di kantor BPBD Kab Wonosobo. Selama 2 bulan ini banyak pengalaman yang saya dapatkan baik itu di dalam kantor maupun di lapangan. Ketika terjun lapangan selain bertugas mengupload foto untuk diinformasikan kepada masyarakat melalui unggahan sosial media, saya juga ikut membantu menangani berbagai bencana, seperti longsor, pohon tumbang dan  memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah.  Saya merasa bahwa ini merupakan bentuk kepedulian dan panggilan kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah, dan ini juga merupakan bentuk dari seorang public relations untuk bisa selalu berdampingan dengan masyarakat dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. BPBD sendiri merupakan instansi pemerintahan yang berfungsi untuk membantu dan melayani masyarakat dalam hal kebencanaan. Saya diminta oleh kepala pelaksana BPBD Kab Wonosob untuk segera mendaftarkan diri menjadi relawan di Kab Wonosobo, dan saya segera mendaftar. Selain menjadi perintah bapak kepala, menjadi relawan juga menjadi keinginan saya sendiri,” kata Ma’ruf.

Di minggu terakhir magang mahasiswa diajak mengikuti kegiatan apel bersama Korem (Komando Resor Militer) dalam acara latihan kebencanaan di lapangan dusun Jebeng Plampitan, Kec Sukoharjo, Kab Wonosobo yang berlangsung selama 3 hari. BPBD Kab Wonosobo dalam kegiatan tersebut mengerahkan 2 tenda pengungsian dan menggelar peralatan kebencanaan yang dimiliki oleh kantor BPBD Kab Wonosobo. (NM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *