BeritaHMPS

Mahasiswa KPI se Jateng-DIY Berkumpul di UIN Raden Mas Said Surakarta

Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) FUD UIN Raden Mas Said Surakarta menjadi tuan rumah pelenggaraan kegiatan Commofest x PFF 2022. Kegiatan yang merupakan hasil kolaborasi antara HMPS KPI dan Forkomnas-KPI Wil.3 Jateng-DIY ini digelar di Karanganyar, 27-29 Mei 2022. Acara yang mengusung tagline “Kreatif, Kolaboratif, Kompetitif” ini turut menghadirkan 121 mahasiswa dari 13 PTKI/PTKIN seJateng-DIY. Rangkaian acara yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini berisi lomba-lomba (News Anchor, Film Pendek, Penulisan Opini, Desain Maskot, dan Fotografi), talkshow perfilman, screening film, sarasehan, brainstorming antar ketua HMPS/HMJ seJateng-DIY, dan ditutup dengan awarding day serta City Tour ke beberapa objek wisata di kota Solo.

Acara dibukan dengan opening ceremony yang di hadiri oleh Koordinator Prodi KPI UIN Raden Mas Said Surakarta, Abraham Zakky Zulhamzi, M.A.Hum. beserta jajarannya, kemudian hadir pula perwakilan dari Pengurus Pusat Forkomnas-KPI.

“Kolaborasi adalah salah satu kunci. Kalau mau jalan cepat berjalanlah sendiri, tapi kalau mau jalan jauh berjalanlah bersama-sama. Selain itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dengan seksama oleh anak-anak muda jika ingin terus eksis di masa diatrubsi saat ini yaitu: Skill, Knowledge, Attitude, dan Networking, ” tutur Zakky.

Ketua panitia, Ahmad Afifullah dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kolaborasi ini merupakan angin segar bagi perkembangan keilmuan komunikasi khususnya bagi mahasiswa KPI di wilayah Jateng-DIY yang selama dua tahun ini terkungkung pandemi.

Sesi berikutnya diisi dengan talkshow dengan tema “Kekuatan Psikososial Film Lokal” yang menghadirkan dua sineas muda yaitu Dhimas Erdinta Pratama Putra, M.Sn. (Penggagas komunitas Solo Documentary) dan Muhammad Hasan Akbar, S.Sos. (Alumni KPI dan pegiat film di komunitas Gong Cinema). Tidak hanya itu, acara masih berlanjut dengan screening film hasil produksi mahasiswa KPI yang diperlombakan dalam ajang Commofest. Sesi ini selain ditujukan untuk membedah proses kreatif dibalik produksi sebuah film, juga bertujuan sebagai ajang apresiasi dan kritik film guna membangkitkan lagi gairah berkarya bagi mahasiswa KPI.

Dihari terakhir, acara tersebut ditutup dengan awarding day, dimana kontingen UIN RM Said Surakarta keluar sebagai Juara Umum dan berhak memboyong piala bergilir. Sebagai bonus, peserta Commofest x PFF 2022 mendapatkan kesempatan city tour ke beberapa objek wisata di kota Solo yaitu di Kraton Kasunanan Surakarta dan di pasar barang antik Triwindu.

“Semoga pertemuan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa KPI seJateng-DIY. Budaya kolaboratif, dan kompetitif harus senantiasa kita bangun. Kultur yang baik harus diteruskan ke generasi selanjutnya,” pungkas Anisa Pratiwi, Ketua HMPS KPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *