BeritaMahasiswaPrestasi

Muhammad Iqbal Kurniawan, Mahasiswa KPI Juara 1 lomba Puitisasi Al-Quran Piala Rektor 2022

Euphoria panggung pertama setelah sekian lama, itulah yang dirasakan Muhammad Iqbal Kurniawan mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta peraih juara satu lomba Puitisasi Al-Quran dalam Kompetisi Piala Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta tahun 2022. Piala Rektor ini digelar oleh UIN Raden Mas Said Surakarta dengan tema “Show Your Skills With Sportivity and Solidarity”. Lomba Puitisasi Al-Quran ini diselenggarakan secara offline di Aula Rektorat UIN Raden Mas Said Surakarta pada 24 Mei 2022. Pemenang lomba kompetisi Piala Rektor ini diumumkan secara bersamaan pada acara awarding & closing ceremony tanggal 3 Juni 2022. Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menggali bakat-bakat muda yang ada pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta dalam berbagai bidang.

Kompetisi Piala Rektor ini diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta yang didelegasikan oleh masing-masing Fakultas. Hanya dengan berbekal inspirasi dari terjemahan surah Al-Alaq ayat 1-19 dan latihan satu malam, Muhammad Iqbal berhasil membuat seluruh ruangan terpaku. Dengan raut wajah serius, suara lantang, dan penghayatan yang dalam, ia membuktikan kualitas di depan dewan juri.

Yang mendorong Muhammad Iqbal untuk mengikuti lomba Puitisasi Terjemahan Al-Quran ini adalah karena dia merindukan panggung lamanya. Di masa sebelumya, ia sudah berturut-turut menjadi juara baca puisi mulai tingkat lokal hingga nasional. “Saya merindukan masa-masa di mana saya berdiri dan berpuisi di depan orang banyak. Puitisasi Al-Quran memang hal baru, tapi ternyata secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan baca puisi pada umunya,” tutur Iqbal. Sebagai langkah awalnya setelah sekian lama berhenti, Iqbal merasa belum puas, dan akan terus berusaha untuk lebih berkembang lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *