Profil

Visi, Misi dan Tujuan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Surakarta

Visi:

Excellence dalam dakwah Islam yang terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan lokal dan keindonesiaan serta profesional dalam bidang komunikasi dan media.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kompetitif di bidang komunikasi dan media.
  2. Melaksanakan penelitian bidang komunikasi dan penyiaran Islam untuk pencerahan dan kemajuan bidang komunikasi dan media yang Islami.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk merealisasikan Islam rahmatan lil ‘alamin, dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam praktik komunikasi dan media.

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana komunikasi Islam yang mumpuni, berpijak pada nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai kearifan keindonesiaan.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang unggul, profesionaldan kompetitif dalam bidang komunikasi dan media.
  3. Menghasilkan sarjana muslim dalam bidang dakwah, komunikasi dan media yang berakhlak mulia yang responsif terhadap problem agama, sosial dan budaya.

Profil Lulusan

  1. Praktisi Media

Praktisi media (jurnalis maupun broadcaster) yang kompeten dalam ilmu komunikasi dan media, menguasai teknologi informasi dan komunikasi,  kreatif, komunikatif dan inovatif, mampu berkontribusi di masyarakat melalui praktik dan karya-karya jurnalistik dan penyiaran, serta memiliki wawasan dan nilai-nilai keislaman.

  • Praktisi Dakwah

Da’i atau penyuluh agama yang kompeten dalam keilmuan dakwah dan studi Islam, mampu merancang dan melakukan dakwah, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, serta mampu berkontribusi dalam memberikan solusi permasalahan di masyarakat.

  • Public Relations

Public Relations atau Humas  yang kompeten dalam keilmuan komunikasi dan kehumasan, mampu membuat perencanaan dan melakukan kegiatan kehumasan, kreatif, komunikatif dan inovatif, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, memiliki wawasan dan nilai–nilai ke-Islaman.

Agus Sriyanto, M. Si (Kaprodi KPI IAIN Surakarta)